Sunday, December 30, 2012

Blogger yang Santun


 
          Teman-teman semua, kali ini saya akan membahas suatu hal yang sangat penting dalam dunia perBLOGGERan(?) *aneh ya? abaikan*. Seperti judul postingannya, saya disini akan memberikan informasi untuk para pengguna blog yang masih baru yang masih belum begitu memahami bagaimanakah dunia Blogger yang sebenarnya.
           Kenapa saya tertarik untuk membahas hal ini? tentu saja dikarenakan belum lama ini kami mendapat tugas untuk membuat blogger sekaligus mendesign sedemikian rupa sehingga blog yang dibuat layak untuk dikunjungi serta mengisi blog secara berkala dengan postingan yang sesuai dengan tema blog masing-masing tentunya.
            Jadi awal mulanya saya menemukan indikasi kasus ini adalah ketika teman-teman saya sedang gemar blogging dan mereka memposting berbagai macam informasi di blognya masing-masing, kemudian iseng-iseng saya bertanya kepada salah seorang teman saya tentang apa saja yang dipostingnya dan teman saya menjawab kalau postingannya sebagian tentang pendidikan. Kemudian saya bertanya lagi dari mana ia memperoleh bahan postingannya tersebut dan dia menjawab COPY+PASTE MILIK ORANG. Kemudian saya bertanya lagi apakah ia mencantumkan sumbernya atau tidak dan teman saya malah balik bertanya memangnya harus ya? nah lho? Disini saya baru tau kalau ternyata teman saya tersebut belum mengerti tata cara dalam mempublikasikan suatu karya.
            Penting untuk disimak bahwa tulisan, foto, video atau apapun yang ada baik itu dibuku atau di internet sudah pasti ada yang membuat dan menyebarkannya. Tidak ada salahnya kita mengambil informasi tersebut dari berbagai sumber tetapi yang penting untuk diingat adalah jika kita mengambil tulisan, foto atau video tersebut dan akan memposting ulang maka sertakanlah credits atau sumber dari mana kita mengambil materi tersebut. Karena jika tidak maka postingan tersebut sudah otomatis atas nama kita dan itu berarti kita dianggap PLAGIAT. Karena kita mengCOPY+PASTE karya orang lain tanpa izin dan memposting ulang atas nama kita sendiri.
            Mungkin hal diatas dianggap sepele oleh teman-teman yang masih awam dengan dunia posting-memposting(?), tapi jika kalian sering berkelana di blog atau group yang sering mensharing informasi maka kalian akan melihat bahwa mereka selalu menyertakan credits atau sumber dari mana mereka mendapatkan foto, video ataupun tulisan yang mereka posting ulang.
            Saya tidak menyalahkan teman saya karena saya tau kalau teman saya tersebut memang masih awam dengan tata cara/adat dalam mempublikasikan sesuatu jadi saya bisa memakluminya. Dan saya rasa tidak hanya teman saya saja, teman-teman yang lain juga masih ada yang belum tau soal hal ini. oleh sebab itu jika teman-teman sudah membaca postingan saya maka untuk selanjutnya kalau mengambil informasi yang akan diposting di blog atau note fb sertakanlah sumbernya yaa. Sama kok kayak kita buat makalah atau karya tulis pasti kita mencantumkan daftar pustakanya kan? Begitu pula dengan postingan blog ataupun note fb, jika kita mencopy+paste milik orang maka kita WAJIB menyertakan credits atau sumbernya.
            Saya rasa hanya ini saja yang perlu saya sampaikan, saya harap kepada teman-teman yang sudah membaca postingan ini dapat memberitahukan teman-temannya yang lain yang belum tau agar mereka menjadi tau.
Akhir kata teima kasih dan sampai jumpaaaa~
with love, Nysa ^^

5 comments:

  1. Kalo foto sama video biasa aku cuma ngambil link nya doang tuh nis, cuma di hyperlink-kan. Buat pembaca yang mau ngambil fotonya juga mesti klik linknya. Kalo begitu, gmn tuh? termasuk plagiat?
    Karena untuk foto dan video non pribadi males di save satu persatu.

    ReplyDelete
  2. gak wil, kalo kita kasih link disitu uda jelas ada alamatnya. yang aku maksudkan kalo kita uda download foto atau video nya terus kita share ulang atas nama kita. karena aku banyak nemuin admin yang kecewa kalau tau video dan foto "miliknya" di repost tanpa menyertakan credits.

    ReplyDelete
  3. jalan aman emang kasih link langsung aja kalo untuk foto dan video :)

    ReplyDelete
  4. Hooooo, okayyy. Tengkiyu nis! :D

    ReplyDelete