Wednesday, January 16, 2013

Biografi SHINee

Hai semuanyaaaaa... kali ini aku Posting tentang Biografi Group Boyband idolaku SHINee. jadi disini lumayan lengkap info tentang SHINee itu sendiri. Mulai dari makna SHINee, awal terbentuknya, debutnya, album, kegiatan dan lain sebagainya deeh semuanya ada disini. jadi buat yang mau baca aku saranini untuk nyiapin camilan ama minum karena bacanya lumayan makan waktu yang lama sepertinya hehe... Oke, happy reading ^^


Ini adalah artikel bagus. Klik untuk informasi lebih lanjut.
SHINee
샤이니

SHINee MV Sherlock
Latar belakang
Asal
Tahun aktif
2008-sekarang
Artis terkait
Younique Step, SM The Performance
Situs web
Anggota

Shinee
샤이니
Syaini
Syaini
          

  Shinee (umumnya ditulis sebagai SHINee, (ˈʃaɪniː "shiny") adalah boy band Korea Selatan yang beraliran R&B kontemporer.[1] Dibentuk SM Entertainment pada tahun 2008, Shinee terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Penampilan pertama mereka pada 25 Mei 2008 dalam acara Popular Songs di SBS. Mereka membawakan singel promosi, "Noona Neomu Yeppeo (Replay)" ("누난 너무 예뻐 (Replay)"). Nama SHINee merupakan kombinasi dari shine dan ee yang berarti "menerima cahaya" atau "menerima perhatian."[2]

Shinee memiliki acara realitas sendiri yang diproduksi berdasarkan tema lagu "Noona Neomu Yeppeo (Replay)". Mereka juga populer di kalangan generasi muda dengan gaya berbusana mereka. Kostum yang dikenakan Shinee dirancang desainer Ha Sang Baek (하상백). Sepatu kets hingga mata kaki, jins ketat, dan baju hangat berwarna-warni.[3] Kalangan pelajar meniru gaya berpakaian Shinee yang disebut media massa sebagai "tren Shinee".[4] Shinee sering dipakai untuk mengiklankan berbagai produk, termasuk produk busana Smart,[5] kosmetik Nana's B,[6] Reebok,[7] dan ayam goreng cepat saji Mexicana.[8]

Karier
2008: Penampilan Pertama

Mini album Noona noemu yeppeo(Replay). Lagu ini merupakan debut pertama SHINee dan berhasil masuk dalam 10 besar tangga lagu korea.

            Pada akhir Mei 2008, media massa mulai memberitakan tentang adanya grup baru dari SM Entertainment yang diberi nama Shinee.[1][9] Setelah dirilis pada 23 Mei 2008,[4] album mini pertama Shinee Replay masuk ke urutan nomor 10 tangga lagu Korea sebelum terhenti di urutan nomor delapan. Album mini Replay terjual 17.957 kopi pada paruh pertama tahun 2008.[10]
            Pada 7 Juni 2008, Shinee berpartisipasi dalam Dream Concert di Stadion Olimpiade Seoul bersama artis-artis Korea lainnya seperti Epik High, Girls' Generation, Super Junior, TVXQ, dan Wonder Girls.[11][12] Penghargaan "Artis Pendatang Baru Bulan Ini" didapat mereka dari Cyworld Digital Music Award, 22 Juni 2008.[13] Shinee ambil bagian dalam SMTown Live '08 yang diadakan pada tanggal 18 Agustus 2008. Mereka tampil bersama rekan-rekan sesama SM Entertainment seperti BoA, Cheon Sang Ji Hee the Grace, Girls' Generation, Super Junior, dan TVXQ.[14] Pada 23 Agustus 2008, Shinee menghadiri upacara penyerahan MNet's 20's Choice Awards 2008, dan meraih penghargaan "Bintang Baru Terpanas".[15]
Album lengkap pertama dari Shinee adalah The Shinee World, dirilis pada tanggal 28 Agustus 2008.[16] Album tersebut langsung masuk urutan ke-3 tangga album Korea dan terjual sebanyak 30.000 kopi.[17]

Singel pertama yang dikeluarkan dari album The Shinee World adalah "Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" (산소 같은 Love Like Oxygen) yang pernah dibawakan oleh Martin Hoberg Hedegaard dengan judul "Show the World".[18] Lagu "Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" mulanya diciptakan oleh tim produksi dan penulis lagu asal Denmark yang terdiri dari Thomas Troelsen, Remee, dan Lucas Secon.[19] Pada 18 September 2008, Shinee's "Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" menjadi lagu nomor satu di M! Countdown.[20] Beberapa hari kemudian, Shinee menerima penghargaan "Mutizen" untuk singel "Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" dalam acara SBS Popular Songs. Selanjutnya, Shinee ikut serta dalam Festival Lagu Asia ke-5, dan mendapat penghargaan "Artis Baru Terbaik" bersama grup penyanyi wanita asal Jepang, Berryz Kobo.[21]

Pada 30 Oktober 2008, Shinee merilis album Amigo yang merupakan pengemasan ulang dari album The Shinee World. Ke dalam album Amigo dimasukkan tiga lagu baru: "Forever or Never", remix dari "Sa. Gye. Han (Love Should Go On)" (..), dan singel promosi "A.Mi.Go (Amigo)" (..).[22] "A.Mi.Go" adalah singkatan dari frasa berbahasa Korea: "Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda" (아름다운 미녀를 좋아하면 고생한다 arti harfiah: Hati Jadi Sakit Ketika Kamu Jatuh Cinta Dengan Si Cantik).[19]

Pada 15 November 2008, Shinee meraih penghargaan "Artis Pria Pendatang Baru Terbaik" pada Festival Musik MNET KM ke-10, menyisihkan pendatang baru lainnya seperti U-Kiss, 2PM, 2AM, dan Mighty Mouth.[23] Pada upacara penyerahan tahunan Golden Disk Awards ke-23, Shinee membawakan lagu-lagu secara medley, "Noona Neomu Yeppeo (Replay)", "Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)", dan "A.Mi.Go (Amigo)".[24]

2009: Album Mini Romeo dan 2009, Year Of Us

SM Entertainment mengumumkan Shinee akan merilis album mini kedua pada 21 Mei 2009.[25] Singel pertama "Juliette" diedarkan pada tanggal 18 Mei 2009.[26][27] Namun, diumumkan kembali kalau kemunculan Shinee harus ditunda karena gigi depan Onew cedera, dan album mini kedua harus ditunda sampai tanggal 25 Mei 2009.[26][28] Shinee akhirnya benar-benar kembali dalam acara Music Bank di KBS, 5 Juni 2009.[29] Di album Romeo juga, Micky Yoochun menciptakan lirik rap pada lagu "Senorita".

Shinee merilis album mini ketiga mereka,2009, Year Of Us pada 19 Okober 2009, tepatnya 5 bulan setelah mereka merilis album mini terakhir mereka. Singel yang dijagokan dari album mini ini adalah "Ring Ding Dong" yang dirilis secara digital pada tanggal 14 Oktober. Comeback pertama mereka dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2009 di acara KBS Music Bank. Pada awal Desember 2009, Shinee memenangkan "Popularity Award" bersama dengan grup yang satu manajemen dengan mereka, Super Junior, pada acara Golden Disk Awards ke-24[30]. Pada bulan Februari 2010 mereka juga memenangkan "Bonsang Award" di Seoul Music Awards ke-19.

2010: Album Kedua Lucifer dan Album Repackage Hello

Delapan bulan setelah album mini ketiga mereka dirilis, SM Entertainment memunculkan foto teaser dari setiap member untuk album baru mereka, dimulai dari Minho pada 8 Juli 2010 sampai dengan tanggal 12 Juli 2010, yang diakhiri dengan Key. Group ini telah merencanakan kembalinya mereka di panggung KBS Music Bank pada tanggal 16 Juli 2010, untuk memulai promosi album baru mereka.[3] Namun, disebabkan oleh cedera Minho pada saat syuting Dream Team 8 Juli, penampilan mereka ditunda hingga 23 Juli.[31] Album penuh kedua dengan judul Lucifer, dijadwalkan rilis pada tanggal 19 Juli di Korea Selatan.

Album "Lucifer/Hello" merupakan album repackage dari album kedua mereka, Lucifer. Album ini berisi 16 trek: 13 trek dari album Lucifer dan tambahan 3 trek baru. Trek dari album ini dirilis pada tanggal 1 oktober 2010, dan dijual di pasaran pada tanggal 4 Oktober 2010, dengan menggunakan "Hello" sebagai singel yang dijagokan. Namun, penampilan pertama lagu ini dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2010 di atas panggung KBS Music Bank. Video klip untuk lagu ini sendiri baru dirilis pada tanggal 4 Oktober 2010.

Pada 26 Desember 2010, Shinee mengadakan konser tunggal pertama mereka, Shinee World, di Gedung Olah Raga Nasional Yoyogi, Tokyo, Jepang. Konser tersebut dihadiri oleh sekitar 24.000 pengunjung. Mereka juga meluncurkan video klip balada "Quasimodo" dari album Lucifer. Shinee juga mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan album berbahasa Jepang mereka di bawah label EMI Music Japan, label rekaman yang sama dengan penyanyi dan penulis lagu asal Jepang, Hikaru Utada.

2011: Debut Jepang dan The First

Pada tanggal 1 Januari 2011, Shinee melakukan konser di Olympic Gymnastics Arena di Seoul yan bagian dari konser mereka, SHINee World. Pada tanggal 2 Januari sebelum dimulainya konser mereka dihari kedua di Seoul, SHINee mengadakan konferensi pers terlebih dahulu. Mereka menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan rencana masa depan SHINee; dan mengumumkan bahwa pada bulan Maret 2011 mereka akan memulai debutnya di Jepang. Para anggota juga tercermin dari kesuksesan mereka ditahun 2010. Konser kemudian dilanjutkan di Taipei, Nanjing, Singapura, Nagoya, dan Osaka sepanjang tahun 2011. Pada tanggal 25 dan 26 Januari 2011, mereka berpartisipasi dalam konser SMTown Live '10 World Tour di Jepang bersama labelmate mereka di Yoyogi National Gymnasium di Tokyo yang juga dilanjutkan dengan dua konser di Paris di Zenith de Paris, tiga konser di Tokyo di Tokyo Dome dan di Madison Square Garden di New York City.[32][33]
Pada tanggal 16 Mei 2011, EMI Music Japan merilis teaser untuk versi Jepang dari " Replay" melalui saluran resmi YouTube mereka. Video musik ini dirilis melalui saluran yang sama pada 27 Mei 2011.[34] Singel ini dirilis di Jepang pada 22 Juni 2011 dan terjual hingga 91.000 kopi di minggu pertama perilisan. Dan singel ini mendapat sertifikat 'Gold' dari RIAJ untuk penjualan lebih dari 100.000 kopi dibulan Juni 2011.[35]

Pada tanggal 19 Juni 2011, SHINee mengadakan Japan Debut Premium Reception di London di Abbey Road Studios. Karya mereka eksklusif hanya untuk 130 orang yang dipilih, yang sebagian besar berasal dari press. Pada 22 Juli 2011, SHINee memulai Japan Debut Premium Reception Tour mereka. SHINee tampil konser di berbagai kota di seluruh Jepang, termasuk Fukuoka pada tanggal 22 Juli, Kobe pada tanggal 23 Juli, Tokyo pada tanggal 27 dan 28 Juli, Sapporo pada tanggal 8 Juli dan Nagoya pada 11 Agustus 2011.

Pada tanggal 8 Agustus 2011, EMI Music Japan merilis video musik untuk versi Jepang dari "Juliette" melalui saluran resmi YouTube-nya.[36] Singelnya dirilis pada 28 Agustus 2011 di Jepang. Pada 12 Oktober 2011, mereka merilis versi Jepang dari "Lucifer" setelah video musiknya resmi dirilis di saluran resmi YouTube milik EMI Music Japan pada 15 September 2011.[37] Hal itu disampaikan pada website Oricon bahwa SHINee adalah artis asing pertama dalam sejarah panjang 44 tahun Oricon yang pernah memiliki tiga single yang berbeda dirilis di Jepang dan ketiga yang di peringkat tiga besar pada penjualan mingguan mereka di chart singel. Ini adalah tiga singel Jepang mereka: "Replay", "Juliette" dan " Lucifer".[38]

Pada 17 Oktober 2011, EMI Music Japan mengumumkan bahwa SHINee akan merilis album studio Jepang pertama mereka, The First pada 23 November 2011.[39] Namun, tanggal rilis Jepang kini telah tertunda sampai tanggal 7 Desember 2011. Album ini akan menampilkan lima lagu baru selain remake Jepang dari tujuh lagu Korea yang dirilis sebelumnya. Versi biasa dari album juga akan menampilkan lagu tema dari drama Stranger 6 dengan lagu yang disebut "Stranger" sebagai bonus.[40]

SHINee diundang untuk menjadi pembuka dari acara 'The 6th London Korean Film Festival' yang berlangsung di Odeon West End Theater pada 3 November 2011.[41] Mereka melakukan penampilan dalam waktu yang cukup lama di konser independen Shinee in London, tiketnya langsung habis dalam hitungan menit setelah dijual pada 1:00 PM pada 27 Oktober 2011.[42] Ini juga menandai pertama kalinya artis Korea telah mengadakan konser independen di London.
Pada tanggal 18 November 2011, hal itu disampaikan oleh Onew, Key, dan Taemin yang akan merilis buku tentang perjalanan mereka di Barcelona, Spanyol, menjadi idola Korea pertama yang pernah penulis panduan "vacation guide". Mereka menciptakan koleksi perjalanan mereka dan berjudul, Son of the Sun. Buku itu dirilis pada 8 Desember 2011.[43] SHINee berpartisipasi dalam album 2011 Winter SMTown – The Warmest Gift membawakan lagu "Last Christmas". Album kompilasi artis SM ini dirilis pada 13 Desember 2011.[44]

SHINee mengadakan konser peringatan untuk merayakan suksesnya perilisan album Jepang pertama mereka, The First, di Tokyo International Forum Hall A pada tanggal 24 Desember 2011. Konser berlangsung tiga kali untuk mengakomodasi 15.000 penggemar yang memenangkan lotere untuk hadir. Mereka bernyanyi sebanyak enam lagu termasuk single perdana mereka di Jepang, Replay (Kimi wa no Everything) dan Lucifer, serta lagu baru di album mereka disebut To Your Heart.[45] Pada tanggal 28 Desember 2011 Tower Records Japan mengumumkan bahwa SHINee telah memenangkan 'Artist of the Year' penghargaan di K-Pop Lovers! Awards 2011, mengalahkan kelompok K-Pop lain penghargaan ini.[46]

2012-sekarang: Sherlock, Japan Arena Tour pertama, Asia Tour kedua, Dazzling Girl, 1000-nen, Zutto Soba ni Ite...

Pada 1 Januari 2012, Profesor Kim Nando dari novel laris, "It Hurts Because It's the Youth" dan juga seorang profesor Ilmu Domestik di Seoul University telah mengungkapkan bahwa ia menuliskan lirik untuk album comeback SHINee. Sang profesor menulis di Twitter-nya bahwa "Saat ini saya merobek rambut saya di atas menulis lirik untuk lagu baru SHINee."[47]

Kosmetik merek Etude House merilis klip video yang menampilkan SHINee sebagai model dukungan mereka pada tanggal 17 Januari 2012. Dalam Shinee video yang melakukan lagu Etude House perawatan kulit baru, Malgami.[48][49]

SHINee membuat comeback Korea mereka selama satu tahun enam bulan setelah rilis Hello, dengan pengumuman album mini keempat, berjudul Sherlock. Judul lagu "Sherlock (Clue + Note)" adalah remix hibrida dan koreografer oleh Tony Testa. Versi digital dari album, dirilis secara online melalui berbagai sumber musik online, seperti portal musik Korea dan iTunes, pada 19 Maret 2012.[50] Setelah merilis lagunya, “Sherlock” menjadi #1 diberbagai chart musik. SHINee juga mendapat banyak perhatian di chart musik global, seperti di Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Perancis, dan mencapai posisi 8 di chart iTunes Top Album. Mereka juga mencapai posisi 1 di Jepang, 6 di Swedia, 9 di Kanada, dan ke-10 di Mexican iTunes Chart.[51]

Salinan fisik dari album Sherlock dirilis pada tanggal 21 Maret 2012 di Korea Selatan. Pada tanggal 22 Maret 2012, musik video untuk lagu mereka yang berjudul "Sherlock" dirilis pada saluran YouTube SM Entertainment.[52] Pada 27 Maret, "Sherlock" menempati #1 di acara musik Show Champion.[53] Beberapa hari kemudian mendapat penghargaan #1 lagi dengan singel yang sama di acara musik M! Countdown dan Inkigayo.[54]

Pada tanggal 26 Maret 2012, SHINee bersama labelmates mereka, menjadi pemegang saham SM Entertainment. Yang akan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam visi perusahaan dan pertumbuhan. Mereka akan menerima 340 saham masing-masing (nilai sekitar $ 13.600 untuk setiap anggota).[55]

Pada 25 April 2012, EMI Music Japan mengungkapkan video musik versi Jepang dari lagu "Sherlock" disaluran resmi YouTube mereka.[56] Singelnya dirilis pada tanggal 16 Mei 2012.[57] Mereka juga mulai konser nasional Jepang pertama mereka yang bertajuk "Shinee World 2012" pada 25 April 2012. Tur mengambil total 20 konser di Fukuoka, Sapporo, Nagoya, Osaka, Kobe, Tokyo dan Hiroshima, akan diadakan selama dua bulan.[58][59] Tur arena pertama mereka Jepang rekor bagi kebanyakan orang yang hadir untuk tur pertama di Jepang tindakan Korea dengan total 200.000 orang.[60] Tur ini diharapkan dapat menarik sekitar 250.000 orang di penonton dan penjualan tiket diperkirakan membawa sekitar ₩ 30.700.000.000 ($ 26.900.000) untuk boy band Korea.[61] [62]

Pada 20 Mei 2012, SHINee ikut berpartisipasi dalam SMTown Live World Tour III bersama labelmate mereka di Honda Center, Anaheim, California.[63] Tur akan berlanjut ke Taiwan, Tokyo, Seoul, Beijing, AS dan Eropa. SM Entertainment mengumumkan pada tanggal 14 Juni 2012 SHINee akan menggelar konser solo kedua mereka, Shinee World II. Tur dimulai di Seoul pada 21 dan 22 Juli di Olympic Gymnastics Arena dan akan berlanjut di Taipei, Hong Kong, dan Singapura.[64]

SHINee telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis singel baru Jepang, Dazzling Girl, pada 10 Oktober.[65] Single menjual 97.111 dalam minggu pertama dan dipilih menjadi lagu tema untuk Serial TV Jepang "Sukkiri" yang disiarkan pada setiap minggu, untuk Oktober.[66] Untuk mempromosikan singel mereka, SHINee menggelar "Dazzling Girl SPECIAL SHOWCASE" pada 1 sampai 13 November di semua Zepp Hall di Fukuoka, Osaka, Tokyo, Nagoya, dan Sapporo[67].

Pada tanggal 1 September 2012, diumumkan bahwa fanclu SHINee bernama Shinee World J dibuka pada 12:00JST. Mereka akan mengadakan acara fanclub resmi disebut "Shinee World J Fanclub Event 2012" pada tanggal 20 Desember 2012 di Osaka-jō Hall dan pada tanggal 24 Desember 2012 di Makuhari Messe.[68] Pada 4 Oktober 2012, EMI mengumumkan permainan sosial pertama SHINee yang disebut 'SHINee My Love' yang akan dirilis pada 10 Oktober. Ini akan ditangani oleh jaringan game sosial untuk Android & iOS Mobage.[69]

SHINee akan merilis singel balada Jepang pertama yang pertama kali dirilis sejak debut, 1000-nen, Zutto Soba ni Ite... sebagai singel keenam mereka di Jepang dan DVD live mereka untuk arena tour mereka Shinee World 2012 pada 12 Desember 2012.[70]

Kementerian Korea Selatan untuk Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea dan Badan Konten Kreatif (KOCCA) mengadakan acara penghargaan tahunan, "Korean Popular Culture & Arts Award" di Seoul Olympic Hall pada tanggal 19 November 2012 dan itu mengumumkan bahwa SHINee memenangkan "Ministry of Culture Award" bersama aktor Kim Soo-hyun. Penghargaan diberikan untuk mengakui kontribusi orang dan seniman dalam promosi dan penyebaran Hallyu Wave.[71]

Citra dan Artistrik

Shinee dikenal karena gaya busana mereka, diciptakan oleh desainer Ha Sang Baek (하상 ), yang memiliki sneakers tinggi, skinny jeans dan sweater berwarna-warni.[3] Gaya mereka telah menciptakan trend fashion di kalangan siswa yang media dijuluki "SHINee Trend".[4]

Iklan

  • 2008: Pakaian kasual "Clride.n" dengan Min Hyo-rin
  • 2008: SK Networks "Smart School Uniform" dengan Victoria Song dan Park Ji-yeon[72]
  • 2008: Merek kosmetik "Nana's B"[73]
  • 2009: Merek olahraga "Reebok"[74]
  • 2009: Pakian kasual "Clride.n" dengan Kim So-eun[75]
  • 2009: Ottogi "Ppusyeo Ppusyeo"
  • 2009: Merek "Mexicana Chicken"[76]
  • 2010: Merek pakaian Cina "H2" dengan f(x)
  • 2010: Yakult Korea "Santa Fe" kaleng kopi
  • 2010: Pakaian kasual "Maypole"
  • 2011: Mall Internet "Auction"
  • 2011: Merek pakaian Jepang "Right-On"
  • 2011: Merek kosmetik "Etude House" dengan Sandara Park
  • 2012: Komik populer, "The Blade of the Phantom Master" untuk serial webtoon baru berjudul "ENT" dengan SMTown[77]
Filantropi
Philanthropy
Pada tanggal 9 Agustus 2011, mereka, dan pasangan label mereka f (x) dan Girls' Generation, mengambil bagian dalam upaya untuk membantu anak-anak Afrika. Kelompok-kelompok bergabung dengan Sekretaris Jenderal Ban Kimoon PBB dalam proyek ‘Help African Children’ oleh Palang Merah Korea Masyarakat dan komite UNICEF Korea.[78]

Donica Streling, seorang gadis berusia 15 tahun di Amerika sakit parah telah mengunjungi Korea untuk mengunjungi bintang K-Pop favoritnya, SHINee dan Super Junior. Donica menjadi penggemar drama K-pop dan Korea dan K-pop memberikan kenyamanan nya. S.M. Entertainment mengetahui berita Donica dan membantu mimpinya menjadi kenyataan. Seorang pengusaha Kanada memutuskan untuk mensponsori kunjungan ke Korea dan membayar semua biayanya. Taemin menyatakan, "Fakta bahwa sekarang kita tahu bahwa kita dapat dari beberapa bantuan untuk orang lain menemukan kekuatan mereka cukup bermakna." Dalam perpisahan, Taemin memberikan Donica gelang rosario-nya yang merupakan hadiah dari ibunya.[79][80][81]
Anggota
  • Onew (온유) - Leader, Pemimpin Vokal
  • Jonghyun (종현) - Vokal Utama
  • Key () - Pemimpin Rapper, Pemimpin Penari, Vokal
  • Minho (민호) - Rapper Utama, Sub-vokal
  • Taemin (태민) - Penari Utama, Vokal
Diskografi

Korea
Album studio
Album mini
Jepang
Album studio
Singel
Filmografi
Film
  • 2012: I AM.
  • 2012: SMTOWN Live in Tokyo Special Edition in 3D
Drama Televisi
  • 2008: My Precious Child (Cameo Ep. 9 dan 10)
Acara Realitas
Tampil dalam Video musik
Showcase
Tur Konser
Headlining
Tur Asia
Tur Jepang
Partisipasi Konser
Konser Pendukung
Source : Wikipedia (dengan sedikit penambahan dari aku dan foto-foto koleksi pribadi)
Shared by : nisatictoc.blogspot.com

Karena ini uda edit jadi Take out with full credit yaa...

No comments:

Post a Comment

Post a Comment