Hai semuanyaaaaa... kali ini aku Posting tentang Biografi Group Boyband idolaku SHINee. jadi disini lumayan lengkap info tentang SHINee itu sendiri. Mulai dari makna SHINee, awal terbentuknya, debutnya, album, kegiatan dan lain sebagainya deeh semuanya ada disini. jadi buat yang mau baca aku saranini untuk nyiapin camilan ama minum karena bacanya lumayan makan waktu yang lama sepertinya hehe... Oke, happy reading ^^
SHINee
샤이니 |
|
SHINee MV Sherlock
|
|
Latar belakang
|
|
Asal
|
|
Tahun aktif
|
2008-sekarang
|
Artis terkait
|
Younique
Step, SM The Performance
|
Situs web
|
|
Anggota
|
|
Shinee
|
|
샤이니
|
|
Syaini
|
|
Syaini
|
Shinee (umumnya
ditulis sebagai SHINee, (ˈʃaɪniː "shiny") adalah
boy band Korea
Selatan yang beraliran R&B kontemporer.[1] Dibentuk SM Entertainment pada tahun
2008, Shinee terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Penampilan
pertama mereka pada 25 Mei 2008 dalam acara Popular Songs di SBS. Mereka membawakan singel promosi, "Noona Neomu
Yeppeo (Replay)" ("누난 너무 예뻐
(Replay)"). Nama SHINee merupakan kombinasi dari shine dan ee
yang berarti "menerima cahaya" atau "menerima perhatian."[2]
Shinee memiliki acara realitas sendiri
yang diproduksi berdasarkan tema lagu "Noona Neomu Yeppeo (Replay)".
Mereka juga populer di kalangan generasi muda dengan gaya berbusana mereka.
Kostum yang dikenakan Shinee dirancang desainer Ha Sang Baek (하상백). Sepatu kets hingga mata kaki, jins ketat, dan baju
hangat berwarna-warni.[3] Kalangan
pelajar meniru gaya berpakaian Shinee yang disebut media massa sebagai
"tren Shinee".[4] Shinee
sering dipakai untuk mengiklankan berbagai produk, termasuk produk busana
Smart,[5] kosmetik
Nana's B,[6] Reebok,[7] dan ayam
goreng cepat saji Mexicana.[8]
Karier
2008: Penampilan Pertama
Mini album Noona noemu
yeppeo(Replay). Lagu ini merupakan debut pertama SHINee dan berhasil masuk
dalam 10 besar tangga lagu korea.
Pada akhir Mei 2008, media
massa mulai memberitakan tentang adanya grup baru dari SM Entertainment yang
diberi nama Shinee.[1][9] Setelah
dirilis pada 23 Mei 2008,[4] album mini
pertama Shinee Replay masuk ke urutan nomor 10 tangga lagu Korea sebelum
terhenti di urutan nomor delapan. Album mini Replay terjual 17.957 kopi
pada paruh pertama tahun 2008.[10]
Pada 7 Juni 2008, Shinee
berpartisipasi dalam Dream Concert di Stadion Olimpiade Seoul bersama
artis-artis Korea lainnya seperti Epik High, Girls' Generation, Super Junior, TVXQ, dan Wonder Girls.[11][12] Penghargaan
"Artis Pendatang Baru Bulan Ini" didapat mereka dari Cyworld Digital
Music Award, 22 Juni 2008.[13] Shinee
ambil bagian dalam SMTown Live '08 yang diadakan pada tanggal 18 Agustus
2008. Mereka tampil bersama rekan-rekan sesama SM Entertainment seperti BoA, Cheon Sang Ji Hee the Grace, Girls' Generation, Super Junior, dan TVXQ.[14] Pada 23
Agustus 2008, Shinee menghadiri upacara penyerahan MNet's 20's Choice Awards
2008, dan meraih penghargaan "Bintang Baru Terpanas".[15]
Album lengkap pertama dari Shinee adalah The Shinee World, dirilis pada tanggal 28 Agustus
2008.[16] Album
tersebut langsung masuk urutan ke-3 tangga album Korea dan terjual sebanyak
30.000 kopi.[17]
Singel pertama yang dikeluarkan dari album The Shinee World adalah
"Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" (산소 같은 너 Love Like
Oxygen) yang pernah dibawakan oleh Martin Hoberg Hedegaard dengan judul
"Show the World".[18] Lagu
"Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" mulanya diciptakan oleh tim
produksi dan penulis lagu asal Denmark yang terdiri dari Thomas Troelsen,
Remee, dan Lucas Secon.[19] Pada 18
September 2008, Shinee's "Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)"
menjadi lagu nomor satu di M! Countdown.[20] Beberapa
hari kemudian, Shinee menerima penghargaan "Mutizen" untuk singel
"Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)" dalam acara SBS Popular
Songs. Selanjutnya, Shinee ikut serta dalam Festival Lagu Asia ke-5, dan mendapat penghargaan
"Artis Baru Terbaik" bersama grup penyanyi wanita asal Jepang, Berryz
Kobo.[21]
Pada 30 Oktober 2008, Shinee merilis album Amigo yang merupakan
pengemasan ulang dari album The Shinee World. Ke dalam album Amigo
dimasukkan tiga lagu baru: "Forever or Never", remix dari "Sa.
Gye. Han (Love Should Go On)" (사.계.한), dan singel promosi "A.Mi.Go (Amigo)" (아.미.고).[22]
"A.Mi.Go" adalah singkatan dari frasa berbahasa Korea:
"Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda" (아름다운 미녀를 좋아하면 고생한다 arti
harfiah: Hati Jadi Sakit Ketika Kamu Jatuh Cinta Dengan Si Cantik).[19]
Pada 15 November 2008, Shinee meraih penghargaan "Artis Pria Pendatang
Baru Terbaik" pada Festival Musik MNET KM ke-10, menyisihkan pendatang
baru lainnya seperti U-Kiss, 2PM, 2AM, dan Mighty
Mouth.[23] Pada
upacara penyerahan tahunan Golden Disk Awards ke-23, Shinee membawakan
lagu-lagu secara medley, "Noona Neomu Yeppeo (Replay)", "Sanso
Gateun Neo (Love Like Oxygen)", dan "A.Mi.Go (Amigo)".[24]
2009: Album Mini Romeo dan 2009,
Year Of Us
SM Entertainment mengumumkan Shinee akan merilis album mini kedua pada 21
Mei 2009.[25] Singel
pertama "Juliette" diedarkan pada tanggal 18 Mei 2009.[26][27] Namun,
diumumkan kembali kalau kemunculan Shinee harus ditunda karena gigi depan Onew
cedera, dan album mini kedua harus ditunda sampai tanggal 25 Mei 2009.[26][28] Shinee
akhirnya benar-benar kembali dalam acara Music Bank di KBS, 5 Juni 2009.[29] Di album
Romeo juga, Micky Yoochun menciptakan lirik rap pada lagu "Senorita".
Shinee merilis album mini ketiga mereka,2009, Year Of Us pada 19
Okober 2009, tepatnya 5 bulan setelah mereka merilis album mini terakhir
mereka. Singel yang dijagokan dari album mini ini adalah "Ring Ding
Dong" yang dirilis secara digital pada tanggal 14 Oktober. Comeback
pertama mereka dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2009 di acara KBS Music Bank. Pada awal
Desember 2009, Shinee memenangkan "Popularity Award" bersama dengan
grup yang satu manajemen dengan mereka, Super Junior, pada acara
Golden Disk Awards ke-24[30]. Pada bulan
Februari 2010 mereka juga memenangkan "Bonsang Award" di Seoul
Music Awards ke-19.
2010: Album Kedua Lucifer dan
Album Repackage Hello
Delapan bulan setelah album mini ketiga mereka dirilis, SM Entertainment
memunculkan foto teaser dari setiap member untuk album baru mereka,
dimulai dari Minho pada 8 Juli 2010 sampai dengan tanggal 12 Juli 2010, yang
diakhiri dengan Key. Group ini telah merencanakan kembalinya mereka di panggung
KBS Music Bank pada tanggal 16
Juli 2010, untuk memulai promosi album baru mereka.[3] Namun,
disebabkan oleh cedera Minho pada saat syuting Dream Team 8 Juli, penampilan
mereka ditunda hingga 23 Juli.[31] Album penuh
kedua dengan judul Lucifer,
dijadwalkan rilis pada tanggal 19 Juli di Korea Selatan.
Album "Lucifer/Hello"
merupakan album repackage dari album kedua mereka, Lucifer. Album ini
berisi 16 trek: 13 trek dari album Lucifer dan
tambahan 3 trek baru. Trek dari album ini dirilis pada tanggal 1 oktober 2010,
dan dijual di pasaran pada tanggal 4 Oktober 2010, dengan menggunakan
"Hello" sebagai singel yang dijagokan. Namun, penampilan pertama lagu
ini dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2010 di atas panggung KBS Music Bank. Video klip untuk
lagu ini sendiri baru dirilis pada tanggal 4 Oktober 2010.
Pada 26 Desember 2010, Shinee mengadakan konser tunggal pertama mereka, Shinee World, di Gedung Olah Raga Nasional Yoyogi, Tokyo, Jepang. Konser
tersebut dihadiri oleh sekitar 24.000 pengunjung. Mereka juga meluncurkan video
klip balada "Quasimodo" dari album Lucifer. Shinee juga mengumumkan
bahwa mereka akan meluncurkan album berbahasa Jepang mereka di bawah label EMI Music Japan, label
rekaman yang sama dengan penyanyi dan penulis lagu asal Jepang, Hikaru Utada.
2011: Debut Jepang dan The First
Pada tanggal 1 Januari 2011, Shinee melakukan konser di Olympic Gymnastics Arena di Seoul yan bagian dari konser mereka, SHINee World. Pada tanggal 2 Januari sebelum dimulainya konser
mereka dihari kedua di Seoul, SHINee mengadakan konferensi pers terlebih
dahulu. Mereka menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan rencana masa depan
SHINee; dan mengumumkan bahwa pada bulan Maret 2011 mereka akan memulai
debutnya di Jepang. Para anggota juga tercermin dari kesuksesan mereka ditahun
2010. Konser kemudian dilanjutkan di Taipei, Nanjing, Singapura, Nagoya, dan Osaka sepanjang
tahun 2011. Pada tanggal 25 dan 26 Januari 2011, mereka berpartisipasi dalam
konser SMTown Live '10 World Tour di Jepang bersama
labelmate mereka di Yoyogi National Gymnasium di Tokyo yang juga
dilanjutkan dengan dua konser di Paris di Zenith de Paris, tiga
konser di Tokyo di Tokyo Dome dan di Madison Square Garden di New York City.[32][33]
Pada tanggal 16 Mei 2011, EMI Music Japan merilis
teaser untuk versi Jepang dari " Replay" melalui saluran resmi YouTube mereka.
Video musik ini dirilis melalui saluran yang sama pada 27 Mei 2011.[34] Singel ini
dirilis di Jepang pada 22 Juni 2011 dan terjual hingga 91.000 kopi di minggu
pertama perilisan. Dan singel ini mendapat sertifikat 'Gold' dari RIAJ untuk penjualan lebih dari 100.000
kopi dibulan Juni 2011.[35]
Pada tanggal 19 Juni 2011, SHINee mengadakan Japan Debut Premium
Reception di London di Abbey Road Studios. Karya mereka eksklusif hanya untuk
130 orang yang dipilih, yang sebagian besar berasal dari press. Pada 22 Juli
2011, SHINee memulai Japan Debut Premium Reception Tour mereka.
SHINee tampil konser di berbagai kota di seluruh Jepang, termasuk Fukuoka pada
tanggal 22 Juli, Kobe pada tanggal 23 Juli, Tokyo pada tanggal 27 dan 28 Juli, Sapporo pada
tanggal 8 Juli dan Nagoya pada 11 Agustus 2011.
Pada tanggal 8 Agustus 2011, EMI Music Japan merilis video musik untuk
versi Jepang dari "Juliette"
melalui saluran resmi YouTube-nya.[36] Singelnya
dirilis pada 28 Agustus 2011 di Jepang. Pada 12 Oktober 2011, mereka merilis
versi Jepang dari "Lucifer" setelah video musiknya resmi dirilis di
saluran resmi YouTube milik EMI Music Japan pada 15 September 2011.[37] Hal itu
disampaikan pada website Oricon bahwa SHINee adalah artis asing
pertama dalam sejarah panjang 44 tahun Oricon yang pernah memiliki tiga single
yang berbeda dirilis di Jepang dan ketiga yang di peringkat tiga besar pada
penjualan mingguan mereka di chart singel. Ini adalah tiga singel Jepang
mereka: "Replay", "Juliette" dan
" Lucifer".[38]
Pada 17 Oktober 2011, EMI Music Japan mengumumkan bahwa SHINee akan merilis
album studio Jepang pertama mereka, The First pada 23 November 2011.[39] Namun,
tanggal rilis Jepang kini telah tertunda sampai tanggal 7 Desember 2011. Album
ini akan menampilkan lima lagu baru selain remake Jepang dari tujuh lagu Korea
yang dirilis sebelumnya. Versi biasa dari album juga akan menampilkan lagu tema
dari drama Stranger 6 dengan lagu yang disebut "Stranger" sebagai
bonus.[40]
SHINee diundang untuk menjadi pembuka dari acara 'The 6th London Korean
Film Festival' yang berlangsung di Odeon West End Theater pada 3
November 2011.[41] Mereka
melakukan penampilan dalam waktu yang cukup lama di konser independen Shinee
in London, tiketnya langsung habis dalam hitungan menit setelah dijual pada
1:00 PM pada 27 Oktober 2011.[42] Ini juga
menandai pertama kalinya artis Korea telah mengadakan konser independen di
London.
Pada tanggal 18 November 2011, hal itu disampaikan oleh Onew, Key, dan Taemin yang akan
merilis buku tentang perjalanan mereka di Barcelona, Spanyol, menjadi
idola Korea pertama yang pernah penulis panduan "vacation guide".
Mereka menciptakan koleksi perjalanan mereka dan berjudul, Son of the Sun.
Buku itu dirilis pada 8 Desember 2011.[43] SHINee
berpartisipasi dalam album 2011 Winter SMTown – The Warmest Gift membawakan
lagu "Last Christmas". Album kompilasi artis SM ini dirilis pada 13
Desember 2011.[44]
SHINee mengadakan konser peringatan untuk merayakan suksesnya perilisan
album Jepang pertama mereka, The First, di Tokyo International Forum Hall A pada
tanggal 24 Desember 2011. Konser berlangsung tiga kali untuk mengakomodasi
15.000 penggemar yang memenangkan lotere untuk hadir. Mereka bernyanyi sebanyak
enam lagu termasuk single perdana mereka di Jepang, Replay (Kimi wa no
Everything) dan Lucifer, serta lagu baru di album mereka disebut To
Your Heart.[45] Pada
tanggal 28 Desember 2011 Tower Records Japan mengumumkan
bahwa SHINee telah memenangkan 'Artist of the Year' penghargaan di K-Pop
Lovers! Awards 2011, mengalahkan kelompok K-Pop lain penghargaan ini.[46]
2012-sekarang: Sherlock,
Japan Arena Tour pertama, Asia Tour kedua, Dazzling Girl, 1000-nen,
Zutto Soba ni Ite...
Pada 1 Januari 2012, Profesor Kim Nando dari novel laris, "It Hurts
Because It's the Youth" dan juga seorang profesor Ilmu Domestik di Seoul University telah
mengungkapkan bahwa ia menuliskan lirik untuk album comeback SHINee. Sang
profesor menulis di Twitter-nya bahwa
"Saat ini saya merobek rambut saya di atas menulis lirik untuk lagu baru
SHINee."[47]
Kosmetik merek Etude House merilis klip video yang menampilkan
SHINee sebagai model dukungan mereka pada tanggal 17 Januari 2012. Dalam Shinee
video yang melakukan lagu Etude House perawatan kulit baru, Malgami.[48][49]
SHINee membuat comeback Korea mereka selama satu tahun enam bulan setelah
rilis Hello, dengan
pengumuman album mini keempat, berjudul Sherlock. Judul lagu
"Sherlock (Clue + Note)"
adalah remix hibrida dan koreografer oleh Tony Testa. Versi digital dari album,
dirilis secara online melalui berbagai sumber musik online, seperti portal
musik Korea dan iTunes, pada 19 Maret 2012.[50] Setelah
merilis lagunya, “Sherlock” menjadi #1 diberbagai chart musik. SHINee juga
mendapat banyak perhatian di chart musik global, seperti di Amerika Serikat,
Kanada, Inggris dan Perancis, dan mencapai posisi 8 di chart iTunes Top Album.
Mereka juga mencapai posisi 1 di Jepang, 6 di Swedia, 9 di Kanada, dan ke-10 di
Mexican iTunes Chart.[51]
Salinan fisik dari album Sherlock dirilis pada tanggal 21 Maret 2012
di Korea Selatan. Pada tanggal 22 Maret 2012, musik video untuk lagu mereka
yang berjudul "Sherlock" dirilis pada saluran YouTube SM
Entertainment.[52] Pada 27
Maret, "Sherlock" menempati #1 di acara musik Show Champion.[53] Beberapa
hari kemudian mendapat penghargaan #1 lagi dengan singel yang sama di acara
musik M! Countdown dan Inkigayo.[54]
Pada tanggal 26 Maret 2012, SHINee bersama labelmates mereka, menjadi
pemegang saham SM Entertainment. Yang akan
memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam visi perusahaan dan pertumbuhan.
Mereka akan menerima 340 saham masing-masing (nilai sekitar $ 13.600 untuk
setiap anggota).[55]
Pada 25 April 2012, EMI Music Japan mengungkapkan video musik versi Jepang
dari lagu "Sherlock" disaluran resmi YouTube mereka.[56] Singelnya
dirilis pada tanggal 16 Mei 2012.[57] Mereka juga
mulai konser nasional Jepang pertama mereka yang bertajuk "Shinee World 2012" pada 25
April 2012. Tur mengambil total 20 konser di Fukuoka, Sapporo, Nagoya, Osaka, Kobe, Tokyo dan Hiroshima, akan
diadakan selama dua bulan.[58][59] Tur arena
pertama mereka Jepang rekor bagi kebanyakan orang yang hadir untuk tur pertama
di Jepang tindakan Korea dengan total 200.000 orang.[60] Tur ini
diharapkan dapat menarik sekitar 250.000 orang di penonton dan penjualan tiket
diperkirakan membawa sekitar ₩ 30.700.000.000 ($ 26.900.000) untuk boy band
Korea.[61] [62]
Pada 20 Mei 2012, SHINee ikut berpartisipasi dalam SMTown Live World Tour III bersama labelmate mereka di Honda Center, Anaheim, California.[63] Tur akan
berlanjut ke Taiwan, Tokyo, Seoul, Beijing, AS dan Eropa. SM Entertainment
mengumumkan pada tanggal 14 Juni 2012 SHINee akan menggelar konser solo kedua
mereka, Shinee World II. Tur
dimulai di Seoul pada 21 dan 22 Juli di Olympic Gymnastics Arena dan akan
berlanjut di Taipei, Hong Kong, dan Singapura.[64]
SHINee telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis singel baru Jepang, Dazzling Girl, pada 10 Oktober.[65] Single
menjual 97.111 dalam minggu pertama dan dipilih menjadi lagu tema untuk Serial
TV Jepang "Sukkiri" yang disiarkan pada setiap minggu, untuk Oktober.[66] Untuk
mempromosikan singel mereka, SHINee menggelar "Dazzling Girl SPECIAL
SHOWCASE" pada 1 sampai 13 November di semua Zepp Hall di Fukuoka, Osaka, Tokyo, Nagoya, dan Sapporo[67].
Pada tanggal 1 September 2012, diumumkan bahwa fanclu SHINee bernama Shinee
World J dibuka pada 12:00JST. Mereka akan mengadakan acara fanclub resmi
disebut "Shinee World J Fanclub Event 2012" pada tanggal 20 Desember
2012 di Osaka-jō Hall dan pada tanggal 24 Desember 2012
di Makuhari Messe.[68] Pada 4
Oktober 2012, EMI mengumumkan permainan sosial pertama SHINee yang disebut
'SHINee My Love' yang akan dirilis pada 10 Oktober. Ini akan ditangani oleh
jaringan game sosial untuk Android & iOS Mobage.[69]
SHINee akan merilis singel balada Jepang pertama yang pertama kali dirilis
sejak debut, 1000-nen, Zutto Soba ni Ite... sebagai
singel keenam mereka di Jepang dan DVD live mereka untuk arena tour mereka Shinee World 2012 pada 12
Desember 2012.[70]
Kementerian Korea Selatan untuk Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea
dan Badan Konten Kreatif (KOCCA) mengadakan acara penghargaan tahunan,
"Korean Popular Culture & Arts Award" di Seoul Olympic Hall pada
tanggal 19 November 2012 dan itu mengumumkan bahwa SHINee memenangkan
"Ministry of Culture Award" bersama aktor Kim Soo-hyun.
Penghargaan diberikan untuk mengakui kontribusi orang dan seniman dalam promosi
dan penyebaran Hallyu Wave.[71]
Citra dan Artistrik
Shinee dikenal karena gaya busana mereka, diciptakan oleh desainer Ha Sang
Baek (하상 백), yang
memiliki sneakers tinggi, skinny jeans dan sweater berwarna-warni.[3] Gaya mereka
telah menciptakan trend fashion di kalangan siswa yang media dijuluki
"SHINee Trend".[4]
Iklan
- 2008: Pakaian kasual "Clride.n" dengan Min Hyo-rin
- 2008: SK Networks "Smart School Uniform" dengan Victoria Song dan Park Ji-yeon[72]
- 2008: Merek kosmetik "Nana's B"[73]
- 2009: Merek olahraga "Reebok"[74]
- 2009: Pakian kasual "Clride.n" dengan Kim So-eun[75]
- 2009: Ottogi "Ppusyeo Ppusyeo"
- 2009: Merek "Mexicana Chicken"[76]
- 2010: Merek pakaian Cina "H2" dengan f(x)
- 2010: Yakult Korea "Santa Fe" kaleng kopi
- 2010: Pakaian kasual "Maypole"
- 2011: Mall Internet "Auction"
- 2011: Merek pakaian Jepang "Right-On"
- 2011: Merek kosmetik "Etude House" dengan Sandara Park
- 2012: Komik populer, "The Blade of the Phantom Master" untuk serial webtoon baru berjudul "ENT" dengan SMTown[77]
Filantropi
Philanthropy
Pada tanggal 9 Agustus 2011, mereka, dan pasangan label mereka f (x) dan Girls' Generation, mengambil bagian dalam upaya untuk
membantu anak-anak Afrika. Kelompok-kelompok bergabung dengan Sekretaris
Jenderal Ban Kimoon PBB dalam proyek ‘Help African Children’ oleh Palang Merah Korea Masyarakat dan komite UNICEF Korea.[78]
Donica Streling, seorang gadis berusia 15 tahun di Amerika sakit parah
telah mengunjungi Korea untuk mengunjungi bintang K-Pop favoritnya, SHINee dan Super Junior. Donica
menjadi penggemar drama K-pop dan Korea dan K-pop memberikan kenyamanan nya. S.M. Entertainment mengetahui berita Donica dan
membantu mimpinya menjadi kenyataan. Seorang pengusaha Kanada memutuskan untuk
mensponsori kunjungan ke Korea dan membayar semua biayanya. Taemin menyatakan,
"Fakta bahwa sekarang kita tahu bahwa kita dapat dari beberapa bantuan
untuk orang lain menemukan kekuatan mereka cukup bermakna." Dalam
perpisahan, Taemin memberikan Donica gelang rosario-nya yang merupakan hadiah
dari ibunya.[79][80][81]
Anggota
- Onew (온유) - Leader, Pemimpin Vokal
- Jonghyun (종현) - Vokal Utama
- Key (키) - Pemimpin Rapper, Pemimpin Penari, Vokal
- Minho (민호) - Rapper Utama, Sub-vokal
- Taemin (태민) - Penari Utama, Vokal
Diskografi
Korea
Album studio
Album mini
|
Jepang
Album studio
Singel
|
Filmografi
Film
- 2012: I AM.
- 2012: SMTOWN Live in Tokyo Special Edition in 3D
Drama Televisi
- 2008: My Precious Child (Cameo Ep. 9 dan 10)
Acara Realitas
- 2008: Mnet Shinee's Yunhanam
- 2010: KBS Joy Shinee's Hello Baby
Tampil dalam Video musik
- 2011: Super Junior - Santa U Are The One
- 2012: SM Town - Dear My Family
Showcase
Tur Konser
Headlining
Tur Asia
|
Tur Jepang
|
Partisipasi Konser
- SMTown Live '08 (2008-2009)
- SMTown Live '10 World Tour (2010-2011)
- SMTown Live World Tour III (2012-2013)
Konser Pendukung
- TVXQ The 3rd Asia Tour "Mirotic" (2009)
- Girls' Generation The 1st Asia Tour "Into the New World" (2009-2010)
Shared by : nisatictoc.blogspot.com
Karena ini uda edit jadi Take out with full credit yaa...
No comments:
Post a Comment