Thursday, January 24, 2013

Dunia Hiburan di Korea Selatan





              Boyband, Girlband, Drama, Kpop, bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Jika melihat betapa gemerlapnya mereka, pernah gak terbesit di fikiran kalian untuk mengetahui bagaimana sebenarnya dunia hiburan di Korea itu? kenapa artisnya bisa multitalenta? Kenapa mereka bisa tampil dalam satu paket lengkap (nyanyi, nari, akting, dll)? Nah, kalau mau tau jawabannya kalian bisa baca postingan ini ^^
             Jika membicarakan artis, tentu saja gak lepas dari yang namanya agency atau management yang menaungi si artis tersebut. Nah, agency itu ada banyak tapi di Korea terdapat 3 management / agensi besar  yaitu JYP Entertainment, YG Entertainment, dan SM Entertainment. Kalau artis-artisnya JYP itu seperti 2pm, Miss A, JJ Project. Kalau artis-artisnya YG itu seperti Big Bang dan 2NE1. Nah kalau artis-artisnya SM tu seperti DBSK, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x) dan EXO.

            Nama-nama group di atas itu adalah nama-nama group yang cukup tenar gak Cuma di Korea tapi juga di Asia bahkan dunia. Dan mereka gak Cuma punya kegiatan dalam group aja, melainkan ada yang mulai solo karir baik itu nyanyi, mc, maupun main drama. Pertanyaannya, kenapa mereka bisa seperti itu? jawabannya adalah karena kerja keras mereka, haha. Jadi tu gini,  di Korea menjadi artis bukanlah hal yang mudah. Sam sih di Indonesia juga, tapi kalau di Indonesia itu yang jadi artis adalah orang-orang yang emang punya bakat alami yang luar biasa, nah kalau disana bakat aja gak cukup, jadi ada 2 hal paling utama yang menentukan layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKILL dan PENAMPILAN. Tapi tentu skill tetap nomor 1 karena bagi mereka penampilan bisa diubah sewaktu-waktu.
            Para 'calon artis' biasanya dilatih/ditraining dalam olah vocal, dance, akting, juga kekompakan sesama member dan dilatihnya itu bukan sebulan dua bulan tapi bertahun-tahun, bahkan ada yg sampai 5 tahun lebih- sebelum akhirnya didebutkan menjadi penyanyi. Tentu saja sebelum menjadi trainee (calon artis) mereka harus melewati 3 tahap audisi.
            Di Korea, kalau mau jadi artis harus benar-benar siap karena ketika kita memutuskan untuk jadi artis maka kita harus siap kehilangan masa kanak-kanak bahkan masa remaja kita untuk pelatihan/trainee karena umur 'calon artis' yg dicari biasanya antara 12-17 tahun karena akan melalui masa trainee yang panjang. Seperti Taemin SHINee yang ikut audisi ketika dia kelas 6 sd dan akhirnya debut ketika SMP kelas 3, saat itu Taemin adalah idol termuda.
            Selama trainee semua kebutuhan ditanggung management, tapi bila trainer tersebut sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen, hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee. Wajar karena biaya yang dihabiskan untuk men-trainee para trainer itu gak sedikit. Mulai dari biaya pelatih vokal, dance, akting, dll. Pokonya banyak deeh. Kan selama jadi trainee mereka juga dapat uang saku meski gak seberapa, apalagi untuk trainer yang bukan berasal dari Seoul, mereka akan tinggal di asrama yang disediakan oleh agensi.
            Setelah tarinee bertahun-tahun dan akhirnya menjadi artis, mereka harus ikut aturan dari agensi. Aturan yang paling umum dan mutlak disana itu adalah DILARANG pacaran karena akan sangat membahayakan karir mereka. Fans korea itu sangat posesif, mereka paling tidak suka liat artis idola mereka deket / bahkan pacaran sama artis lain. Jika hal itu terjadi maka popularitas si artis dan pacarnya (yang juga artis) akan turun drastis. Selain itu mereka tidak akan tinggal diam, korean fans biasanya akan menyerang artis mana saja yang berani deketin artis idola mereka, tidak jarang mereka juga main fisik. Karena itu untuk para artis korea pacaran itu DILARANG! Kalau usia mereka sudah lebih dari 30 tahun, baru di perbolehkan pacaran, itupun untuk manajemen tertentu.  
            Buat group yang baru debut biasanya debut di acara seperti: MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core. Group-group yang baru debut itu disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris di sana. Nah nanti kalau 
suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown dan barulah mulai di lirik dan disukai.
            Artis wajib mengikuti schedule yang sudah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari. Karena itu mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus. Jadi rata-rata artis disana gak tinggal sama orangtua/keluarga mereka. Yang aku tau artis yang tinggal ama keluarganya itu Siwon Suju karena rumah orangtua Siwon itu emang dekat dan satu kawasan sama dorm Suju, bahkan Sunny SNSD yang rumah orangtuanya dekat dan satu kawasan sama dorm snsd aja tetap tinggal di dorm meski kadang kalau susah tidur kabarnya Sunny tidur dirumahnya.
            Saat ini, Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di Korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa. Jadi rata-rata orangtua disana sangat mendukung cita-cita anaknya yang pengen jadi artis. Tapi artis yang uda debut dan uda sukses itu sebagian malah dulu orangtuanya gak setuju ketika mereka bilang mau jadi artis. Sebut saja Minho SHINee dan Kyuhyun Suju.
            Berbeda agensi berbeda pula tuntutannya, kalau di SM Entertainment audisi menuntut Skill dan Fisik, sedangkan di JYP Entertainment selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan. Waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking. Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, maka akan dapat peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarkan dari JYP. Tapi kebanyakan yang jadi artis emang orang-orang yang prestasi akademiknya bagus sih, karena kan disana pendidikan itu penting banget, jadi mereka berusaha sungguh-sungguh nunjukkin ke orangtua kalau selama mereka jadi trainee danbahkan ketika mereka sudah menjadi artis prestasi mereka disekolah tetap bagus. Seperti Onew SHINee yang mendapat peringkat kedua paralel ketika SMA, Minho SHINee yang tetap masuk 10 besar ketika dia menjalani masa trainee dan Kyuhyun Suju yang uda lulus test masuk universitas yang mana test tersebut bukan test masuk universitas biasa. Jadi maksudnya kalau uda lulus test tersebut kita bisa diterima di UNIVERSITAS MANAPUN DI KOREA.
            Kembali ke agensi, SM, JYP, dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di Korea, karena artis dibawah manajemen mereka biasanya selalu sukses, dan lonjakan saham mereka juga sedikit banyaknya mempengaruhi perekonomian korea.
            Persaingan para idol di korea itu kuat banget, karena itu mereka sering oplas sana-sini biar tidak kalah saingan. Tidak jarang ada artis yg bunuh diri karena tidak mampu bersaing dengan artis-artis lainnya. Dan lagi budaya oplas itu bukanlah hal yang tabu disana, jangankan artis orang biasa aja juga uda biasa ngelakuin oplas. Tapi belakangan karena sering ada kritikan tentang oplas, beberapa artis mengakui tidak ingin melakukan oplas. Yaa bagi yang emang tampangnya uda cakep mungkin bisa bilang gitu tapi bagi yang tampangnya biasa banget pasti tetep bakal ngelakuin karena gimanapun juga penampilan fisik kan sangat penting disana *untuk penjelasannya kalian bisa baca di Kehidupan remaja di Korea Selatan.
            buat para idola yang oplas gak akan takut kehilangan fans karena Korean fans tidak peduli idolnya oplas atau tidak, menurutnya yang penting bagaimana idolnya sekarang bukan dulunya! Kalo aku sih penting dua-duanya. Jadi tau past and present mereka, untuk alasannya kalian bisa baca di SHINee Past and Present Photo's
            Perbandingan artis yg debut dan artis yang gagal disaat bersamaan adalah 1:10. Maksudnya jika hari ini ada 1 artis yg debut, berarti disaat yang sama ada 10 artis yang gagal atau dikeluarkan dari manajemennya. Jadi sejak trainee formasi member dalam group itu selalu berubah-ubah. Seperti snsd yang selama trainee mengalami banyak perubahan formasi danpergantian member hingga pada akhirnya mereka yang bertahanlah yang berhasil debut dibawah nama snsd.
            Itu dia fakta-fakta yang berhasil aku rangkum tentang dunia hiburan di Korea Selatan. Untuk informasinya dari beberapa artikel yang pernah aku baca dan sebagian juga dari acara-acara yang pernah aku lihat. Jadi buat yang mau ambil tolong Full Credits yaa.

 Source: google
Originally post by: nisatictoc.blogspot.com

No comments:

Post a Comment