Wednesday, March 13, 2013

Secuil Kisah "Sidang Proposal"

Akhirnyaaaaaaaaa....... dilalui juga sidang proposal skripsi.... ^0^
Kali ini aku mau berbagi secuil(?) kisah, bukan tentang SHINee ataupun Kpop. Aku mau berbagi kisah tentang sidang proposal. Kisah ini bermula dari setahun yang lalu(?) *oke gajelas. jadi begini, mungkin kemarin-kemarin para Kpopers pada heboh MUBANK dan sibuk update dan buat fakta-fakta MUBANK. Dan seharusnya itu bisa menimbulkan ke-GALAU-an buat aku. secara ada SHINee gitu yang tampil di MUBANK. Gak cuma SHINee tapi juga ada group-group lain yang emang aku suka. Oke kita SKIP cerita mubank-nya. Jadi, kenapa aku gak galau MUBANK? itu karena hatiku uda dipenuhi dengan ke-galau-an untuk Proposal Skripsi. Bukan masalah proposalnya sih, tapi sidangnya. Setidaknya, yang jadi ke khawatiran setiap peserta sidang itu pastilah hasilnya. Karena pasti pada khawatir LULUS ato TIDAK LULUS nya. Karena biar gimanapun juga, mempersiapkan proposal skripsi tu gak mudah. Mulai dari observasi untuk melihat fenomena-fenomena di lapangan, buat sinopsis, diajukan ke kaprodi, kalo diterima bisa lanjut dan kalo gak diterima harus buat ulang lagi-diajukan lagi-begitu seterusnya sampai benar-benar diterima. Tapi gak selesai sampai disitu aja, setelah diterima kita mulai ngerjain proposalnya, bimbingan sama pembimbing bahkan sampai malam, cari buku sampai ke jogja, bandung, padang, medan, dan kalo semua proses itu uda dilalui barulah sidang proposal.

Setelah melalui berbagai fase-fase diatas(?) barulah mulai minggu ini tepatnya hari senin sidang proposal perdana dimulai. Jujur karena aku dapat hari kamis jadi aku sempat ngeliat beberapa teman-teman yang tampil di sidang berikutnya. dan emang super-duper sempat buat galau dan ciut nyali. pengetahuan kita benar-benar di tes baik itu tentang isi permasalahan yang kita angkat juga tentang statistiknya. Bahkan pengalaman teman-teman sebelumnya sampai ada yang nangis karena emang mereka dikerjain sih dibuat bimbang seolah-olah mereka itu gak lulus sidang tapi pada akhirnya ternyata lulus.

Gak cuma sampai situ aja, meski aku uda ngeyakinin diri kalo aku pasti bisa tapi begitu tau ada beberapa anak yang gak lulus aku sempet down lagi. Puncaknya semalam waktu tau-tau temenku bilang masalah angket banyak dipertanyakan. aku yang tadinya uda tenang mendadak bingung karena aku emang belum buat kisi-kisi angket, apalagi soalnya. akhirnya atas saran dari seseorang sebut saja Dudung(?), dia menyarankan aku untuk mempersiapkan kisi-kisi angket untuk pegangan. akhirnya malam hari sebelum tampil aku searching google dan cari dengan berbagai keyword dan akhirnya ketemu kisi-kisi angket yang rada nyambung ama penelitianku dan malam itu juga aku langsung buat kisi-kisi plus soal-soalnya meski cuma pake pena diselembar kertas HVS pula :(.

Malam itu aku gak bisa tidur, aku masih kepikiran gimana besoknya. Tapi mau gak mau aku paksain tidur dan terbangunlah jam 4.30 pagiiii......
aku berangkat ke kampus jam 6.30 dan masih sepi, ruangan juga belum dibuka dan aku mesti nunggu di depan ruangan sambil bawa tas laptop yang berat juga tas tenteng yang isinya buku-buku yang super tebel.

setelah nunggu sekian lama(?), temenku datang dan aku langsung nitipin barang-barang aku ke dia karena aku mesti pergi ngambil konsumsi. jadilah pagi itu aku nyari toko kue yang namanya "Master Kue Genta". jujur aku gak tau dimana tempatnya karena itu yang mesenin temen. jadi dengan berbekal petunjuk yang aku dapatkan aku pergi kesana sendirian. Perjuanganku belum selesai, karena pas aku mau balik ke kampus, itu motor aku tau-tau tumbang(?) dan aku yang lagi pake baju melayu dengan rok yang agak ngepas plus sepatu high hells gak bisa bergerak bebas. pas ada mas-mas lewat aku langsung minta tolong untuk berdiri-in motor aku.

Sampai dikamus, penguji datang dan langsung benah-benah(?). dan aku sebagai opening maju pertama. banyak banget pertanyaan yang dikasih baik itu tentang rumus, isi, metode dan lain-lain. Tapi ada satu hal yang buat aku tersentuh. SEMUAAAAA pertanyaan penguji dan saran-saran dari penguji yang gak sempet aku catat, cuma sempet di ingat aja di catat semuanya sama dosen pembimbing aku Ibu Tuti Siadari. Beneran aku gak nyangka ibu bakal ngelakuin hal itu. Aku bener-bener berterima kasih. dan lagi ketika ada teman yang tampil dan keliatan gugupnya, ibu Tuti sebagai pimpinan sidang langsung mencairkan suasana untuk mengurangi kegugupan temenku itu. bisa aku bilang ibu Tuti Entertaining banget daaaah....

Ya, pada akhirnya aku harus menerima apa yang uda aku dapat. kalo aku ngeliat keatas mungkin aku ngerasa gak puas. tapi kalo ngeliat kebawah aku akan ngerasa puas. Tapi yang harus aku lakuin sekarang bukan ngerasa puas ato gak puas melainkan harus bersyukur dengan apa yang di dapat. karena apa yang kita dapat baik atau buruknya adalah balasan dari semua kerja keras kita selama ini. aku cuma ingat kalimat yang sering diucapkan Kang Tae Joon di To The Beautiful You bahwa "Keajaiban adalah kata lain dari kerja keras".

Pesan aku buat teman-teman yang belum tampil, jangan takut dan hadapi aja semuanya. yakinlah pada diri kalian kalo kalin bisa melakukannya, dan apapun hasilnya nanti jangan disesali, tetap semangat karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda ^^.

Akhir kata, aku mau ngucapin terima kasih ke semua teman-teman yang saling mendukung untuk proposal skripsi ini, dosen pembimbing juga keluarga dan orang-orang disekitar yang uda selalu ngasih semangat dan masukan. Spesial thaks to Kusnul yang selalu memberikan informasi tentang info-info dari BAAK dan terima kasih atas dukungannya, buat teman-teman satu bimbingan (Kak Kuntum, Eki, Rahmat, Alfa, Kak Devi, Nana dan lain-lain yang gak bisa disebutkan satu persatu), Buat teman terdekatku Ayu makasih atas dukungannya, buat Riska, Yetti and Bang Ruli makasih atas pinjaman beberapa bukunya. Makasih juga buat Romy  dan Bang Ristom yang uda bisa diajak sharing mengenai penelitiannya meski sempat galau hehe.. dan buat giant baby Anriany makasih ya dek uda dipesenin kue nya dan dibayarin dulu :) pokoknya terima kasih semuanyaaaaa~ Saranghaeyoooo~ ^0^

With Love

anisa yang selalu ceria(?) wkwkwk *kabuuurrrrr.....

No comments:

Post a Comment